10 Negara dengan Harga BBM Termurah

Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat penting bagi kelangsungan kehidupan semua negara. Banyak negara-negara yang memperebutkan Minyak Bumi dengan perang dengan negara lain untuk mendapatkan sumber BBM tersebut. Namun ada beberapa negara yang tidak menghiraukan masalah BBM ini karena memiliki cadangan minyak bumi yang melimpah sehingga dapat memenuhi kebutuhan minyak negaranya sendiri dan untuk kesejahteraan rakyatnya.






Berikut daftar 10 negara dengan harga BBM termurah di dunia :

1. Venezuela ($0,05 /liter atau Rp.585,-/liter)
Venezuela dipimpin oleh seorang Presiden yang bernama Hugo Chavez, dimana ia merupakan seorang sosialist yang melakukan apapun yang ia anggap dapat membantu rakyatnya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Tentunya dengan harga BBM yang sangat murah membantu kehidupan rakyatnya dan besar kemungkinan dirinya terpilih kembali pada saat pemilu.

2. Turkmenistan ($0,08 /liter atau Rp.936,-/liter)
Tidak diketahui sebabnya mengapa harga BBM di negara ini sangat murah. Negara yang terletak di sekitar perbatasan antara Asia dan Eropa ini memiliki harga BBM yang rendah, bahkan lebih murah dibandingkan harga sebungkus mie instan.

3. Nigeria ($0,10 /liter atau Rp.1170,-/liter)
Nigeria memiliki cadangan minyak yang masuk daftar "10 negara dengan cadangan minyak yang paling banyak di dunia". Tetapi negara ini memiliki daftar konflik yang berkepanjangan, sehingga pemerintah enggan untuk menaikkan harga BBM karena takut memancing amarah dengan kenaikan harga BBM tersebut.

4. Iran ($ 0,11 /liter atau Rp.1287,-/liter)
Walaupun para peneliti memprediksi 74 tahun lagi negara ini akan kehabisan sumber daya minyaknya,tetapi negara ini tetap memberlakukan harga murah untuk BBM dan tidak merasa khawatir.

5. Arab Saudi ($ 0,12 /liter atau Rp.1.404,-/liter)
Tidak ada yang meragukan negara ini, karena Arab Saudi dikenal dengan negara yang kaya akan minyak dan memiliki sumber minyak terbesar di dunia, sehingga tidak terlalu mempermasalahkan masalah minyak bagi rakyatnya.

6. Libya ($ 0,14 /liter atau Rp.1.636,-/liter)
Negara yang baru saja terkena krisis pemerintahan ini adalah negara dengan cadangan minyak terbesar di Afrika dan nomor 9 di dunia. Maka tidak heran bila harga minyak di negara ini rendah.

7. Kuwait ($ 0.21 /liter atau Rp.2.457,-/liter)
Kuwait adalah negara nomor 5 terkaya di dunia. Maka tidak heran bila harga BBM di negara ini rendah, karena pemerintah dapat memberikan subsidi minyak untuk kesejahteraan rakyatnya.

8. Qatar ($ 0,22 /liter atau Rp.2.575,-/liter)
Dengan produksi dan sumber minyaknya yang melimpah di tambah dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak menyebabkan Qatar menjadi negara yang memiliki kekayaan nomor 1 di dunia. Negara ini dapat menjual minyak dengan harga yang rendah untuk kebutuhan dalam negeri dan menjual minyak dengan harga yang lebih mahal kepada negara lain, maka tidak heran jika negara ini memiliki kekayaan yang melimpah.

9. Bahrain ($ 0,27 /liter atau Rp.3.159,-liter)
Karena memiliki jumlah penduduk yang kecil dan memiliki jalur akses yang mudah dengan negara-negara produsen minyak dunia, maka tidak perlu daragukan lagi mengapa harga minyak di negara ini tidak terlalu mahal.

10. United Arab Emirates ($ 0,37 /liter atau Rp.4.300,-/liter)
Negara ini merupakan negara terkaya nomor 4 di dunia dan letaknya yang saling berdekatan dengan negara-negara penghasil minyak dunia  sehingga dapat dengan mudah memperoleh pasokan minyak dari negara produsen minyak dunia.

Itulah 10 daftar Negara dengan harga BBM termurah di dunia.Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...