Cara Memilih Tablet Yang Benar



tablet
Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, penggunaan alat komunikasi turut bermetamorfosis dengan menyempurnakan fungsi dan bentuknya. Perubahan itu ujung-ujungnya demi memanjakan konsumen.

Tak terkecuali pada tablet yang belakangan ini tengah digandrungi masyarakat, baik kaum pekerja perkotaan hingga generasi muda. Tablet bisa digunakan untuk telepon sekaligus sebagai pendukung pekerjaan kantor. Melalu tablet, Anda bisa melakukan presentasi, dan keperluan lainnya.

Namun seiring banyaknya varian tablet, tak jarang konsumen bingung memilih jenis dan spesifikasi.  Berikut adalah hal yang perlu Anda ketahui sebeelum memutuskan membeli tablet?



1. Sistem operasi

Umumnya sistem operasi tablet PC tersedia dalam beberapa varian. Orang yang terbiasa dengan Windows pada desktop PC, mungkin lebih suka tablet berbasis Windows. Sementara Android juga mempunyai kemampuan yang mumpuni. Terakhir adalah tablet berbasis iOS yang lumrah pada perangkat Apple. Sistem operasi yang terakhir cenderung agak mahal.

2. Ukuran layar

Jika Anda tergolong pekerja yang membutuhkan mobilitas tinggi, tablet dengan layar 7 inci sangat cocok bagi Anda.

Namun bagi sebagian orang, khususnya untuk bekerja di media atau game, layar ukuran 7 inci dinilai terlalu kecil. Tablet dengan layar  besar seperti 10 inci tentu lebih nyaman secara visual.  Namun jangan salah, layar besar membutuhkan resolusi yang tinggi dan cenderung boros baterai.

3. Konektivitas

Slot SIM card pada tablet bisa digunakan untuk telepon atau SMS. Kini tidak hanya itu, sejumlah tablet dibekali jaringan  3G atau mengandalkan jaringan Wi-Fi. Jika termasuk sering bepergian, pilihlah tablet jaringan 3G.

Tak hanya itu, banyak tablet sudah dilengkapi dengan teknologi allshare dan fitur port HDMI yang dapat dihubungkan ke panel layar besar atau proyektor untuk presentasi atau film.

4. Kapasitas

Mayoritas tablet dilengkapi kapasitsa hard disk (ruang penyimpanan) internal 16 gigabyte (GB) hingga 64 GB. Semakin besar kapasita hard disk, maka Anda menyimpan file media di dalam tablet lebih banyak. Jika Anda ingin menambah kartu memori eksternal hingga 32 GB atau bahkan hingga 2 terabite (TB).

5. Prosesor

Kekuatan prosesor akan mempengarugi seberapa cerdas tablet Anda. Satu prosesor single core sudah cukup baik untuk bermain game, menjelajah internet, membuka email, atau membuat dokumentasi kantor. Namun prosesor dual core menawarkan kecepatan mumpuni untuk aplikasi game dan video berdefinisi tinggi. Tapi sifat penggunaan tentu juga berpengaruh pada daya tahan baterai.

6. Kamera

Fungsi kamera pada tablet sebenarnya bukan untuk tujuan fotografi atau perekaman video. Kini banyak vendor lebih memprioritaskan kamera di bagian depan saja. Kamera ini berfungsi untuk mendukung Anda melakukan video call atau video chat.

Namun, jika termasuk penggemar fotografi, beberapa vendor menawarkan produk dengan dual camera (depan dan belakang).

7. Berat dan ukuran

Berat tablet juga tak kalah penting. Tablet yang lebih berat cenderung menghambat penggunaan dan mengganggu mobilitas. Demikian pula dengan ukuran. Pasalnya, pengguna mungkin akan kesulitan mendapatkan sarung pelindung. Namun, belakangan orang malah cenderung melengkapi tablet dengan keyboard agar lebih cepat digunakan untuk mengetik.
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...